Kamis, 28 April 2016

8 Kiat Pola Hidup Sehat dibulan Ramadhan

8 Kiat Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah tiba, semua umat muslim pasti melakukan salah satu rukun islam ini, yakni dengan berpuasa sebulan penuh. Jika dijalankan dgn benar, puasa di bln Ramadhan pada umumnya berdampak positif bagi kesehatan, walau badan tak memperoleh asupan makanan ataupun cairan kira kira selama 14 jam sehari. Oleh karna itu, wajib bagi Kita seluruhnya utk memerhatikan pola hidup sehat pada saat Bln Ramadhan ini agar mampu menjalani puasa dengan baik.
8 Kiat Pola Hidup Sehat dibulan Ramadha


Berikut beberapa pedoman yg pantas disimak dalam melaksanakan puasa di Bln Ramadhan :

1. Melaksanakan sahur ketika berpuasa benar benar baik.
Menu yg dikonsumsi dapat memengaruhi kinerja tubuh Kamu ketika seharian penuh. Konsumsilah makanan yg mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum & nasi merah lantaran dapat membantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur dan air putih yg pass juga akan membantu menjaga stamina sewaktu berpuasa.

2. Hindari konsumsi makanan berminyak.
Makanan ini bakal membuat sel darah merah menggumpal dan menyebabkan aliran oksigen jadi menyusut sampai 20 %. Akibatnya Kita bakal ngantuk pada siang harinya.

3. Jagalah dari paparan sinar matahari
Kala hawa makin panas & terik, usahakan utk beraktivitas di dalam ruang yg dingin atau area teduh. Batasi juga gerakan fisik agar kamu tidak gampang lelah.

4. Berbuka puasa dengan makan secukupnya.
Bersamaan memakan terlalu banyak makanan cuma bakal membuat perut terasa sesak akibat lambung yang mengecil & enzim-enzim pencernaan menyusut. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan dengan cara yang bertahap, sejak mulai dari minum air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, & selang minimal setengah atau satu jam baru makan yang berat.

5. Tidak Sedikit orang yg keliru mengartikan tujuan dari 'berbuka bersama yg manis'. Konsumsi makanan atau minuman manis memang lah baik dilakukan pada saat berbuka puasa, karna akan langsung memulihkan energi sesudah seharian berpuasa. Namun yg keliru yaitu porsi makanan atau minuman manis yg dimakan terlalu banyak. Lebih-lebih kalau rasa manis tersebut terbuat dari gula.

6. Perhatikan diwaktu makan tengah malam,
pastikan buat tidak makan terllalu berlebihan guna mencegahnya terjadi obesitas. Tidak Cuma itu, hindari meminum kopi & soda lantaran dapat membuat Kita susah tidur & bakal menimbun terlalu banyak lemak. Ubah ke-2 minuman tersebut dgn air mineral & jus buah. Minum yg lumayan. Hidrasi yaitu aspek terpenting selagi kita puasa Ramadhan. Sesudah berbuka puasa, Kita mesti minum dalam jumlah yang baik begitupun waktu bersahur. Keperluan hidrasi badan yakni kira kira 2 liter per hri.

7. Jalankan olahraga ringan dikala tengah malam hri.
Contohnya dengan berjalan kaki kira-kira 15 sampai 20 menit sesudah makan tengah malam. bisa juga laksanakan gerakan berat seperti olahraga pada saat setengah jam menjelang buka puasa.

8. Tidak Hanya memerhatikan asupan makanan.
Pengaturan pola tidur pun adalah perihal yg utama. Ngantuk selagi kamu berpuasa bukanlah disebabkan dikarenakan tidak makan & minum seharian, melainkan lantaran tidak mempunyai jam tidur yg lumayan cukup. Kalaupun tidur malamnya masih tidak mencukupi, luangkan sekitar 20-30 menit utk lakukan power-nap di siang hri. Tidur siang yg singkat namun bermutu bakal bantu memulihkan energi.

Sekian tips dari saya semoga dapat membantu kamu semua dalam menjalni puasa dibulan ramadhan dengan baik dan full tidak bolong-bolong lagi.
Selamat menunaikan ibadah puasa bagi muslim yang menjalankanya.

0 komentar:

Posting Komentar