Kamis, 19 Mei 2016

8 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Sirsak Kaya Akan Manfaat

8 Manfaat Buah Sirsak
Siapa yang tidak kenal buah sirsak? Rasanya yang asam manis teramat digemari. Terlebih ketika cuaca panas, menu jus sirsak jadi idola sebahagian orang. Nyatanya buah sirsak amat baik buat badan. Nutrisi yang ada di dalam buah sirsak ini di antaranya kalsium, mineral, aneka vitamin, dan serat.

Bagian buah sirsak sebanyak 67,5 persen yakni daging buah, 20 persen kulit, 8,5 persen biji, dan 4 persen inti buah. Buah sirsak pula mempunyai kandungan air yang tinggi, yang menyebabkan buah ini mempunyai rasa segar. Nutrisi utama yang pula terdapat dalam buah sirsak yakni karbohidrat, ialah glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9-93,6 dari kandungan gula total.

Buah sirsak didominasi oleh kandungan vitamin C, yakni kira kira 20mg per 100 gr daging buahnya. Kebutuhan vitamin C orang dewasa setiap hri yakni 60mg. Cuma dengan mengkonsumsi 300gram daging buah sirsak, kebutuhan tubuh akan vitamin C sudah tercukupi. Sedangkan kandungan mineral yang terdapat dalam buah sirsak ialah fosfor & kalsium. Dalam 100 gr buah sirsak terdapat 27 mg fosfor dan 14 mg kalsium. Ke-2 mineral ini mempunyai peran penting dalam pembentukan tulang, maka buah sirsak mempunyai manfaat membentuk tulang yang kuat juga mencegah osteoporosis.

Buah sirsak mengandung kadar sodium (natrium) yang rendah, tapi mengandung potasium (kalium) yang tinggi. Kandungan kalium ialah 278 mg per 100 gr sedangkan natrium 14 mg per 100 gr. Perbedaan yang amat tinggi ini akan menguntungkan buat tubuh lantaran bisa bermanfaat mencegah penyakit hipertensi.

Tidak Hanya kandungan gizi, buah sirsak pun kaya akan kandungan non gizi, salah satunya merupakan serat pangan, yaitu 3,3 gr per 100 gr daging buah. Sehingga mengkonsumsi buah sirsak pun baik buat pencernaan kita. Manfaat buah sirsak dan daun sirsak lainnya buat kesehatan tubuh diantaranya :

1. Mencegah kanker 

Daun, biji, dan batang sirsak mengandung zat fitokimia bermana annonaceous acetogenesis. Zat ini mempunyai fungsi menangkal serangan kanker dan virus. Dari penelitian yang telah banyak dilakukan, kandungan annonaceous acetogenesis kepada sirsak sanggup membunuh 12 tipe sel kanker, yaitu kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, dan lain-lain.

2. Melancarkan buang air kecil 

Saat Kamu merasakan sakit disaat buang air kecil, Kamu dapat mengkonsumsi jus sirsak secara teratur, sebab sirsak diakui mempunyai manfaat melancarkan buang air kecil. Tidak Cuma itu, buah sirsak pun bisa mengatasi haematuria, merupakan bercampurnya sel darah putih dalam urine. Zat ini bisa juga mengobati penyakit hati ringan.

3. Menjaga kesehatan tulang 

Buah sirsak tidak cuma mengandung fosfor & kalsium juga mengandung mineral lain, yakni tembaga. Tembaga akan menunjang penyerapan kalsium ke dalam tulang maka nutrisi buat tulang bisa terpenuhi.

4. Meningkatkan energi 

Buah sirsak yakni buah yang cocok untuk Kamu konsumsi kala sedang merasa tak bergairah. Kandungan karbohidrat dalam buah sirsak memberikan energi bagi tubuh Kamu. diluar itu, buah sirsak pula mengandung zat thiamin yang bakal meningkatkan energi.

5. Meredakan migrain 

Obat alami buat meredakan migrain yaitu buah sirsak. Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang berfungsi meredakan sakit kepala dan migrain.

6. Mencegah anemia 

Buah sirsak pun bakal meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dikarenakan mengandung zat besi. Untuk itu, sebagai wujud pencegahan dan pengobatan anemia Kamu disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah sirsak.

7. Mengatasi wasir 

Buah sirsak pun jadi nutrisi alami untuk menyembuhkan wasir. Caranya dengan meminum perasan rendaman buah sirsak. Buah sirsak diseduh air hangat, seterusnya pisahkan buah dan bijinya. Ambil buah sirsak kemudian peras dan minum airnya selama dua kali sehari.

8. Menjaga kelembapan kulit 

Buah sirsak akan menjaga kelembapan kulit sebab kandungan vitamin C–nya yang tinggi. Konsumsi buah sirsak secara rutin bakal menciptakan kulit Kamu jadi lembap dan lebih cerah. Kandungan vitamin C dalam buah sirsak ini sekaligus bisa bermanfaat menjaga imunitas badan.

Menjaga kesehatan itu sebenarnya bukan faktor yg susah dilakukan. Banyak sumber nutrisi alami yang digunakan oleh badan dan terdapat di alam Indonesia ini. Salah satunya ialah buah sirsak yang kaya akan manfaat. Harga buah ini juga tak terlalu mahal, jadi tak ada salahnya Kamu konsumsi buah ini secara teratur. Dapatkan manfaat buah sirsak yang amat sangat baik setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar